Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mencegah dan Mengatasi Kelelahan Pada Ibu Hamil

Kelelahan adalah perkara yang tidak dapat dihindari pada wanita hamil. Selama kehamilan, badan istri bekerja sangat keras untuk memastikan pertumbuhan janin berjalan baik. Biasanya, kelelahan tersebut akan berkurang pada trimester kedua apabila tubuh sudah mulai dapat menyesuaikan diri dengan perubahan hormon yang sering berlaku secara tiba-tiba di dalam tubuh.

Beberapa Penyebab kelelahan menjelang persalinan

Kelelahan yang sangat akan mulai terasa kembali menjelang persalinan. Penyebabnya adalah peningkatan berat badan yang memberikan beban lebih pada tubuh dan sulit tidur (insomnia) yang biasa berlaku pada ibu hamil pada trimester akhir. Keletihan tersebut boleh juga dipicu oleh anemia, jarak antara kehamilan yang terlalu dekat, atau jika bunda sedang hamil anak kembar.

Tips mengurangi keletihan pada ibu hamil

1. Rendahnya tahap gula darah (hypoglicaemia) boleh mencetuskan keletihan. Untuk itu, usahakan level gula darah tetap stabil dengan cara tetap makan walaupun sedang mengalami morning sickness. Makanlah dalam porsi yang kecil namun sering, Hal ini lebih efektif untuk menjaga kestabilan level gula darah daripada makan dalam porsi besar tetapi jarang.

2. Perbanyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran supaya tubuh tidak kekurangan nutrisi penting.

3. Usahakan cukup minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi boleh membuat keletihan yang dialami ibu hamil semakin parah.

4. Pastikan tubuh cukup zat besi dengan mengambil daging merah, hati, sayuran berdaun hijau, dan sebagainya. Para wanita yang sedang hamil biasanya dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen zat besi. Konsultasi dengan dokter untuk mengetahui suplemen apa yang sesuai untuk bunda konsumsi (beberapa produk suplemen zat besi boleh menyebabkan sembelit) dan minumlah suplemen zat besi selepas makan untuk mencegah efek samping dari makanan tambahan tersebut.

5. Usahakan untuk beristirahat cukup. Keluar dari ruang kerja dan berjalan-jalanlah sejenak atau makan pada waktu istirahat tengah hari supaya bunda mendapat udara segar. Ambillah cuti bila bonda merasa sangat keletihan supaya dapat lebih banyak beristirahat. Bila bonda tidak bekerja dan mengasuh anak-anak di rumah, usahakan untuk tidur sejenak ketika anak-anak tidur siang. Agihkan juga beberapa tugas rumah tangga pada pembantu rumah tangga atau keluarga yang bersedia membantu

6. Lakukan olahraga ringan setiap hari, seperti yoga atau lakukan aktivitas yang boleh membuat tubuh rileks, seperti pijat khusus ibu hamil atau shiatsu.

7. Berendamlah di air hangat yang diberi minyak aromateraphy (misalnya lavender atau bergamot), usahakan jangan lebih dari 3 tetes saja pada setiap penggunaannya. Minyak aromatheraphy seperti lavender aman digunakan sesekali pada saat kehamilan memasuki trimester ketiga.

8. Hindari stres dan jangan ragu-ragu menceritakan perasaan bunda kepada pasangan, keluarga, atau rakan yang bersedia membantu. Bila perlu, hubungi kaunselor yang berpengalaman untuk membantu bonda mencurahkan fikiran. Bila tahap stres sudah terlalu tinggi hipnoteraphy boleh dilakukan untuk membantu meringankan.

Semoga bisa bermanfaat yah bunda:)

0 Responses to “Tips Mencegah dan Mengatasi Kelelahan Pada Ibu Hamil”

Poskan Komentar